Nonton Bareng Film Perjuangan Sang Kyai

  • Aug 21, 2023
  • Fadilah Hakim Sumantri

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Mahasiswi KKN Ibrahimi Sokerejo Situbondo bersama Pemerintah Desa Suger Lor gelar nonton bareng (nobar) film Sang Kiai di Selatan Kantor Desa Suger Lor tepatnya di Dusun Krajan Atas RT. 08 RW 01, Sabtu (19/08/2023).

Acara nobar bertujuan menumbuhkan kembali rasa cinta nasionalisme terhadp Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama generasi muda. Selain itu, juga sebagai pengulas sejarah perjuangan yang telah dilakukan para santri dan ulama.

Sang Kiai sendiri bercerita tentang kisah hidup dan perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari yang diperankan Ikranagara harus terkurung di penjara demi keyakinannya. Ketika bebas, KH Hasyim Asy’ari membantu perjuangan Indonesia lewat pemikiran dan ajarannya. Ia berjuang demi kepentingan umat melalui jalan diplomasi hingga sempat masuk ke dalam organisasi bentukan Jepang, sekaligus menjadi ketuanya.

Film garapan sutradara kondang, Hanung Bramantyo ini mengundang antusiasme Warga yang menonton.Harapan Kami adalah menjadikan generasi muda yang mampu memimpin NKRI, menggantikan peran ulama kita terdahulu. 

Alhamdulillah dalam Acara nonton bareng berjalan dengan lancar.